NEWS

KKN Posko 80 UTM Berhasil Sulap Pepaya Menjadi Abon dan Selai Pepaya

Spread the love

Altar Raya, Bangkalan. -Kuliah Kerja Nyata (KKN) posko 80 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berhasil menyulap buah pepaya yang berada di desa Banangkah Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan menjadi abon dan selai pepaya. Kamis (18/07/19).

Anis Argiyanti selaku peserta KKN 80 UTM menuturkan, pengolahan tersebut tiada lain untuk meningkatkan perekonomian warga. “Pepaya di desa Banangkah ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar, banyak pepaya yang dibiarkan membusuk dipohonnya. Sehingga hal tersebut membuat KKN 80 dibawah bimbingan merasa prihatin dan ingin mengubah menjadi potensi yang dapat meningkaykan perekonomian warga,” tuturnya.

Ia menambahkan, abon pepaya merupakan produk inovasi yang berbahan dasar pepaya dan dibuat dengan bbeberapa Komposisi diantaranya pepaya muda, garam, bawang putih, bawang merah, ketumbar, lada, jahe, sereh, tepung kenji, tepung beras, tepung bumbu, penyedap rasa, dan minyak goreng “Abon pepaya ini bisa dijadikan camilan, Lauk, dan sebagainya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia membeberkan, Komposisi dari selai pepaya diantaranya pepaya masak, dua ruas jari kayu manis, gula secuupnya, dan dua jeruk nipis. “Selai pepaya ini di beri nama Sepedah singkatan dari selai pepaya desa Banangkah dan Al-hamdulillah, kedua produk tersebut, telah kami kenalkan pada pelatihan program unggulan Rabu kemaren (10/07) di balai desa Banangkah, Burneh, Bangkalan, ” pungkasnya.

Cara membuat Abon Pepaya :

1. Kupas kulit pepaya, dan buang bijinya. 2.Kemudian parut papaya. 3.Lalu baluri pepaya dengan garam, agar getah dari pepaya hilang. 4.Kemudian peras, agar air dari pepaya keluar dan selamlnjutnya bilas dengan air. 5.Kemudian, haluskan bumbu (bawang merah, putih, ketumbar, jahe, sereh, lada). 6.Lalu campurkan bumbu halus dengan papaya, 7.Setelah itu, ambil sedikit-sedikit, lalu balurkan pada tepung. 8. Sebelumnya, tepung kanji, tepung beras dan tepung bumbu di campurkan terlebih dahulu dengan perbandingan 1:1. 9.Setelah tercampur, goreng dengan keadaan api sedang agar tidak gosong, terakhir angkat dan tiriskan serta siap utk dikemas.

Cara membuat Selai Pepaya :

1.Kupas kulit papaya, lalu cuci bersih. 2.Parut pepaya (bisa juga diblander), lalu sisihkan 3.Siapkan semua bahan, kayu manis, gula, jeruk nipis 4.Tuangkan parutan pepaya kedalam wajan dan masak dengan api sedang 5.Masak hingga kekentalan yang cukup (tidak ada air) 6.Selai siap disajikan.

Reporter : Syarofi
Editor : Hasan

Baca Juga  Kenapa Mbah Maimoen di Makamkan di Ma'la Makkah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.