TRAVEL

Jabal Rahmah, Bukit Romantis Pertemuan Antara Adam dan Hawa

Spread the love

Jejak Sejarah Islam – PT. Madani Insan Cemerlang
Altarraya – Ada satu tempat yang tak pernah sepi dari kunjungan para jamaah haji. Tempat itu bernama Jabal Rahmah, suatu gunung yang disebut-sebut punya kisah pertemuan cinta kasih Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Bahkan, terdapat monumen yang menandakan romantisme keduanya.
Jabal Rahmah (Gunung Kasih Sayang) atau disebut juga Gunung Arafat atau Gunung Arafah adalah bukit granit di sebelah timur kota Mekah. Di bukit ini, menurut umat Islam, Nabi Muhammad SAW berdiri dan menyampaikan Khotbah Perpisahan (haji Wada’) dengan Kaum Muslim yang telah menemaninya selama ibadah haji menjelang akhir hayatnya. Ketinggian bukit ini sekitar 70 meter. Di bukit ini pula Nabi Adam AS dan Siti Hawa yang sudah terpisah untuk 200 tahun ( ada yang menyatakan 300 tahun ada pula 500 tahun) setelah mereka diturunkan dari surga, bertemu dan berkumpul kembali di tempat ini.
Hingga akhirnya, kedua manusia pertama di muka bumi tersebut bertemu di Jabal Rahmah. Untuk mengenangnya, di atas Jabal Rahmah terdapat suatu tugu yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar 1,8 meter dan tingginya 8 meter. Masyarakat setempat percaya, lokasi bertemunya Adam dan Hawa persis di titik tugu tersebut.
Jabal Rahmah sendiri bisa dibilang sebagai bukit. Tingginya hanya sekitar 70 meter saja dan bisa didaki jamaah haji dengan melewati sekitar 160-an anak tangga. Mendaki Jabal Rahmah dari dasar hingga mencapai tugu Nabi Adam AS dan Siti Hawa, biasanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.
Di dekat monumennya, banyak jamaah haji yang berdoa. Ada pula yang terpesona oleh pemandangan Padang Arafah yang bisa dilihat jelas dari atas Jabal Rahmah. Pemandangan cantik yang jadi saksi bisu pertemuan kembali Adam AS dan Siti Hawa di bumi.
Jabal Rahmah juga jadi tempat bersejarah bagi perjalanan Nabi Muhammad SAW. Di sanalah Rasulullah SAW menerima wahyu terakhir dari Allah SWT yaitu QS Al Maidah ayat 3, sekaligus penyempurna dari ajaran Islam.
Semoga kita diberiNya kesempatan untuk bisa mengunjunginya, bagi yang belum maupun yang ingin kembali untuk bernostalgia menyaksikan kisah romantisme cinta kasih Nabi Adam AS dan Siti Hawa.

Baca Juga  Lagi, PT Madani Insan Cemerlang Akan Memberangkatkan Jamaah Umroh di Bulan Mei 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.